Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat (SKPM)? Jurusan Apa Itu???

Hasil gambar untuk skpm ipb

Mungkin diantara kalian masih banyak yang belum tahu soal jurusan yang satu ini. Kalo menurut gue itu wajar kalo kalian gak tahu, soalnya di indonesia kampus yang  punya jurusan ini Cuma IPB doang dan satu satunya di indonesia.  

SKPM itu adalah Sains Komunikasi dan Pengembangan Masyarakat yang merupakan salah satu ilmu komunikasi yang lebih banyak berhubungan ke masyarakat. Jadi jangan salah paham dulu soal jurusan yang satu ini. Jangan mentang mentang di kampus pertanian lantas yang kalian pikirkan malah gimana caranya berkomunikasi sama tumbuhan hehe.

SKPM itu jurusan yang cocok buat kalian yang suka terjun langsung kemasyarakat dan punya jiwa sosial yang tinggi guna mengembangkan masyarkat dengan komunikasi. Di SKPM mata kuliahnya mirip dengan Development Studies. Sebagai contohnya ada mata kuliah People Development, Social Change, Rural Sociology, dan Gender and Development. Nilia luhur dari jurusan ini adalah memberi pemahaman baru terhadap masyarakat pedesaan mulai dari struktur kesenjangan desa-kota, upaya menuju keadilan sosial melalui Community Development, dan mempelajari hubungan semua pihak yang berkepentingan dalam mewujudkan perubahan. Kenapa di Pedesaan? Ya karena desa merupakan unit terkecil secara administratf dalam sebuah pemerinahan negara, karena ketika negara bermasalah maka gampangnya harus di benerin dari desa desanya. Pokoknya jurusan ini cocok banget buat kalian yang suka terjun langsung kemasyarakat dan berjiwa nasionalisme yang tinggi. Ce elah hehehe.

Eeemmm ada info menarik juga nih, jurusan SKPM merupakan jurusan “Komunikasi” yang masuknya harus jalur IPA. Biasanya kan kalo jurusan komunikasi yang lain harus dari jalur IPS dan di situ juga merupakan salah satu pembeda jurusan ini dengan jurusan yang lainnya. Jadi buat kalian yang mau masuk jurusan yang berhubungan dengan komunikasi kalian bisa piliih jurusan ini.

Oh iya, selain itu juga SKPM IPB ini udah International Certified dan juga sudah terakreditasi A oleh BAN-PT. Gak Cuma itu jurusan ini juga sudah terakreditasi oleh ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Keren yah jurusan ini hehe

Cita cita dari jurusan ini adalah menelurkan pekerja-pekerja sosial profesional yang mampu merancang dan menerapkan metode komunikasi pengembangan masyarakat untuk mendorong pemberdayaan ekonomi, sosial, dan politik masyarakat.
Untuk prospek kerjanya cukup bagus ya, contohnya lulusan jurusan ini bisa kerja di LSM atau kalo mau di lembaga internationalnya bisa di UNICEF, UNESCO, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Gimana? Sudah mulai dapat pencerahan kan soal jurusan ini. Soo tunggu apa lagi, jangan ragu ragu untuk pilih jurusan ini hehe

Sekian dan Terimakasih

Jangan lupa tinggalkan jejak setelah berkunjung ya



Comments