Lautku Untuk Indonesiaku



 Hasil gambar untuk laut indonesia

Jika kita amati Luas lautan dibandingkan dengan luas daratan di dunia kurang lebih mencapai 70 berbanding 30, sehingga menjadi tantangan tersendiri bagi negara negara di dunia yang memiliki wilayah laut untuk mengembangkan serta memajukan potensi maritimnya. Peran laut sendiri sangat signifikan bahkan mendominasi dalam mengantarkan kemajuan suatu negara.

Menurut Alfred Thayer Mahan yang merupakan Perwira Tinggi Angkatan Laut Amerika Serikat mengemukakan bahwa sea power merupakan unsur terpenting bagi kemajuan dan kejayaan suatu negara, yang mana jika kekuatan-kekuatan laut tersebut di berdayakan, maka akan meningkatkan kesejahteraan dan keamanan suatu negara. Sebaliknya, jika kekuatan-kekuatan laut tersebut di abaikan akan berakibat kerugian bagi suatu negara atau bahkan meruntuhkan suatu negara. 

Dengan pentingnya peran laut bagi suatu negara, di situlah yang menjadi tantangan tersendiri untuk mengembangkan, memajukan, dan mengolah potensi laut atau maritim yang kita punya. Indonesia sendiri secara geografis merupakan sebuah negara kepulauan, dimana negara Indonesia sendiri 2/3 luasnya adalah laut. Selain itu Indonesia sendiri memiliki garis pantai hampir di setiap pulau yang mencapai panjang kurang lebih 81.000 km dan hal ini menjadikan indonesia sebagai negara yang memiliki garis pantai terpanjang kedua setelah kanada. Inilah yang merupakan tantangan untuk menjadi seorang Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia. Laut merupakan salah satu kekuatan penting untuk memajukan perekonomian bangsa Indonesia dengan adanya potensi pangan yang besar serta potensi wisata bahari di sepanjang pantai dan laut indonesia.

Penduduk Indonesia mencapai 60 persen menetap di wilayah pesisir laut dan pulau-pulau kecil sementara sisanya menetap di daerah pedesaan dan perkotaan. Namun ironisnya selama ini proses pembangunan di Negara ini cenderung Land Oriented, laut hanya menjadi tempat pembuangan atau penghasil pangan nomor dua setelah hasil pangan daratan, selain itu sedikit wisata bahari yang berkembang itupun berkat bantuan pihak asing dalam pengelolaan.

Pada tahun 2012 menurut Data Food and Agriculture Organization, Indonesia menempati peringkat ke 3 terbesar dunia dalam hal Perikanan di bawah China dan India. Selain itu, perairan Indonesia menyimpan 70 persen potensi minyak karena adanya kurang lebih 40 cekungan minyak yang berada di perairan Indonesia. Dari angka angka tersebut hanya 10 persen yang saat ini telah di eksplor dan di manfaatkan.

Dari data tersebut menunjukan bahwa masyarakat Indonesia belum sepenuhnya merasakan hasil dari potensi maritim yang dimiliki karena belum maksimalnya pengelolaan potensi ini.
Selain itu, sudah saatnya pemerintah memperioritaskan pembangun infrastruktur di wilayah pesisir dan pulau-pulau kecil karena begitu besarnya potensi maritim yang di miliki Negeri ini mulai dari sumber pangan sampai sumber energi yang dimana dapat meningkatkan perekonomian bangsa.  Tidak hanya membangun infrastruktur fisik, tetapi harus juga di persiapkan SDM yang mumpuni dengan menciptakan kader kader maritim guna mengelola potensi yang ada baik dari pendidikan formal maupun pendidikan non-formal.  SDM inilah yang merupakan aspek penting selain pembangunan infrastruktur karena jika infrastuktur di wilayah pesisir atau pulau pulau kecil sudah mumpuni akan tetapi SDM yang di miliki belum mumpuni maka hal itu hanya akan sia sia karena SDMnya tidak bisa mengelola yang ada. Ini lah yang menyebabkan SDM begitu penting.

Jika aku menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan, akan aku bentuk sebuah Komunitas Masyarakat Pesisir. Dimana komunitas ini melibatkan seluruh Perguruan Tinggi, Siswa SMA/SMK/MA setempat, Perwakilan Masyarakat setempat, dan juga perusahaan yang memiliki program pengabdian masyarakat. Di sisi lain, Kementrian pun akan ikut terlibat dengan membimbing dan mengawasi pelaksanaan program program yang ada. Komunitas ini akan memiliki beberapa bidang diantaranya adalah Pendidikan, Pembentukan kader maritim yang Kuat Hebat dan Jaya, Ekonomi dan Kewirausahaan, Sosial dan Lingkungan, serta bidang Olahraga dan Seni Budaya. Dalam bidang bidang tersebut akan memiliki fokus masing masing guna tercapainya tujuan dari komunitas ini. Salah tujuan dari komunitas ini adalah sebagai sarana untuk pengembangan wilayah pesisir. Dengan adanya komunitas ini di harapkan terjadi peningkatan positif dari beberapa aspek salah satunya di bidang ekonomi dan pendidikan agar masyarakat wilayah pesisir dapat mengelola Potensi yang ada dengan maksimal akan tetapi tidak merusak ekosistem yang ada.

Selain dari segi pemberdayaan dan pembangunan, sisi pertahanan pun merupakan hal sangat penting dan harus di galakkan. Kenapa harus digalakkan dan di perketat? Karena laut indonesia sendiri merupakan jalur pelayaran yang setrategis dan di lalui oleh seluruh negara sehingga sangat riskan terjadi transaksi atau tindak kejahatan di laut indonesia. Seandainya pertahanan di laut kita lemah maka akan sangat riskan terjadi perompakan atau transaksi barang illegal di laut indonesia yang merupakan posisi yang sangat strategis.

Disisi lain pencurian pun akan sangat banyak terjadi jika ketahanan di laut kita lemah. Di mana sudah kita ketahui populasi ikan ikan seperti tuna atau sejenisnya sudah sangat berkurang seiring adanya pencurian ikan di laut indonesia.

Langkah langkah yang bisa kita ambil adalah memperkuat pertahanan di laut terluar indonesia agar tidak adanya kapal asing yang memasuki wilayah indonesia dan menghabisi sumberdaya laut yang ada di negeri ini. Apa bila ada kapal asing yang memasuki wilayah indonesia dan berusaha melakukan illegal fishing dan tertangkap oleh pasukan pertahanan NKRI kapal tersebut bisa di hancurkan saja. Tetapi menurut saya dari pada kapal tersebut di hancurkan begitu saja alangkah lebih baik kapal tersebut di jadikan hak milik negara Indonesia, karena dengan begitu bisa di manfaatkan oleh negara dan nelayan Indonesia serta bisa juga menambah aset dan pundi pundi rupiah untuk negara.

Jika aku menjadi Menteri Kelautan dan Perikanan Indonesia, Pembangunan dan Pemberdayaan di pulau pulau terluar Indonesia akan di galakkan karena pulau pulau terluar merupakan tempat tempat yang penting guna memantau keadaan dan kondisi perbatasan Indonesia. 

Memang jika membahas soal laut tidak akan ada habisnya karena laut Indonesia sendiri memiliki kekayaan dan potensi yang sangat besar apa bila bisa di kelola dengan baik sehingga dapat menambah penghasilan negara guna membantu membayar hutang hutang negara. Tapi sayangnya hal hal tersebut belum bisa berjalan dengan baik dan sesuai harapan. Karena pada kenyataannya potensi potensi dan kekayaan yang Indonesia miliki masih banyak di kelola oleh pihak asing. Inilah yang menjadi tantangan terberat dimana membebaskan potensi potensi tersebut dari tangan asing dan kita kelola sendiri. Kita ini sedang di jajah, memang tidak secara langsung tetapi dengan cara perlahan yaitu dengan menguasai sumber sumber daya yang ada. Ini merupakan tugas saya sebagai bangsa Indonesia, Kaum muda penerus bangsa yang berusaha mengembangkan dan membangun indonesia dari sektor maritim yang merupakan ujung tombak dari negara ini.

Comments