Hubungan International atau Hubungan sama dia?



Hallo semua, alhamdulillah kakak masih diberi kesempatan untuk sedikit berbagi info mengenai jurusan atau program studi di dunia perkuliahan.

Kalian kalau mau request tentang program studi yang kalian mau juga bisa silahkan tinggalkan pesan di komentar ya.

Pada kesempatan ini aku mau sedikit mereview tentang jurusan Hubungan Internasional. Awalnya si aku mau review tentang program studi di bidang teknik tapi karna ada permintaan dari someone jadi ya udah deh yang ini didahulukan hehehe.

Jadi apa sih program studi HI (Hubungan International)?

Nah jadi HI sendiri merupakan salah satu ilmu sosial (social science) yang bermula di Eropa tepatnya di London School of Economics, Inggris. Dalam dunia internasional, jurusan ini kenal juga dengan International Studies, International Relations, dan Global Affairs.

Di Indonesia pertama kali jurusan ini ada sejak tahun 1950-an di Universitas Gadjah Mada (Sebastian & Lanti 2000 dalam Joko Susanto).

Kini institusi pendidikan yang menyediakan jurusan hubungan internasional semakin meningkat seiring dengan peningkatan jumlah peminatnya.

Tidak sedikit yang menyingkat Hubungan Internasional dengan HI. Selain itu, lulusan sarjana ilmu HI biasanya menyandang gelar S.IP, S.Sos, S.Hub. Int atau tergantung dari kebijakan masing-masing Universitas.

Kalau kata teman ku sih kuliah di HI itu asyik dan seru, kenapa? Ya karena kalo kata temanku itu di HI tuh mudah buat dapat akses internasional atau pun nasional dari forum forum yang ada dan juga bisa mengembangkan second language serta third language. Jadi kamu bisa banyak bahasa. Menurutku juga keren sih hehe.

Dan emang kenyataannya anak HI tuh jago banget bahasa inggrisnya mau yang polite ataupun pakai slang, aku yang suka pakai slang word aja bisa kebingungan pas ngobrol sama anak HI hehehe.

Nah terus apa aja yang di pelajarin dalam prodi HI?

Yang dipelajari dalam jurusan hubungan internasional diantaranya menyangkut pembuatan kebijakan, teori hubungan internasional, aktor-aktor internasional, keamanan dan perdamaian internasional, regionalisme, organisasi internasional, studi strategis, studi perdamaian, politik internasional, ekonomi internasional, globalisasi dan isu-isu global, ekonomi politik internasional, hubungan internasiona, politik identitas, studi kawasan Eropa, Amerika, Australia dan Pasifik, Timur Tengah, Asia dan banyak lagi yang bisa di pelajarin.

Kalau buat prospek kerjanya? Oke bakal kakak kasih tau beberapa ya seperti :
  • Negosiator: biasanya PR, pelobi, marketing
  • Diplomat - impian banyak orang untuk ditempatkan di berbagai negara atau organisasi internasional
  • Peneliti
  • Politisi/policy maker/birokrat
  • Media : jurnalis, wartawan
  • Translator
  • Akademisi : dosen, guru
  • Konsultan
  • Aktifis Non Governmental Organization (NGO)/ Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), International Non-Governmental Organization
  • Staff ahli pemerintahan
  • Pengusaha/entrepreuner/wiraswasta
  • Dll
Mungkin cukup sekian yang bisa kakak bahas kalau ada pertanyaan monggo tinggalkan jejak di komentar ya. Terimakasih telah berkunjung

Comments